Rabu, 13 Januari 2016

Geopolitik - Zaida




NAMA :  ZAIDA ZAHRA RAMADHANTY
NIM/FAK/PRODI :  15101154/EKONOMI/MANAJEMEN







Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia







Apakah wawasan nusantara itu ?
Secara konsepsional wawasan nusantara merupakan wawasan nasionalnya bangsa Indonesia dibangun atas pandangan geopolitik bangsa. Pandangan bangsa indonesia didasarkan pada konstelasi lingkungan tempat tinggalnya menghasilkan konsepsi wawasan nusantara. Jadi wawasan nusantara merupakan penerapan dari teori geopolitik bangsa indonesia.
Sementara itu, geopolitik dimaknai dengan ilmu yang mempelajari hubungan antara faktor-faktor geografi, strategi, dan politik suatu negara. Untuk bangsa indonesia, orang pertama yang mengaitkan geopolitik dengan bangsa indonesia adalah Ir. Soekarno pada sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945. Berdasar uraian pidato tersebut, bahwa geopolitik bangsa indonesia adalah satu kesatuan wilayah dari sabang sampai merauke yang terletak antara dua samudra dan dua benua. Prinsip geopolitik indonesia menandakan dalam hal wilayah, bangsa indonesia tidak ada semangat untuk memperluas wilayah sebagai ruang hidup. Wawasan yang dianut bangsa indonesia tidak didasarkan atas ajaran organisme biologis,yakni yang mengatakan pertumbuhan bangsa memerluka pula perluasan ruang hidupnya dan untuk memperolehnya dilakukan dengan kekuatan.
Secara historis, wilayah indonesia sebelumnya adalah wilayah bekas jajahan belanda yang dulunya disebut hindia belanda. Rakyat di wilayah hindia belanda memiliki le desir d’etre ensemble serta karakter. Gemeinschaft yang sama akibat penjajahan belanda. Berdasar fakta geografis dan sejarah inilah, wilayah indonesia beserta apa  yang ada didalamnya dipandang sebagai satu kesatuan. Pandangan/wawasan nasional indonesia ini dinamakan wawasan nusantara sebagaio konsepsi geopolitik bangsa indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar